Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan (ITBKBP) melalui unit kerja Inkubator Bisnis menyelenggarakan kegiatan workshop design thingking dan BMC yang dilaksanakan pada selama 2(dua) hari yaitu jum’at- sabtu, 15-16 Maret 2024 dengan pembagian waktu hari ke 1 pukul 09.00- 17.00 WIB dan hari ke 2 pukul 08.30- 13.00 WIB, bertempat Ruang Kelas Elim. Kegiatan Workshop tersebut disampaikan oleh pemateri bernama Bapak Bagus Berlian yang merupakan salah satu Lead Product Manager Amartha Mikro Fintech.
Pada kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 26 peserta yang dipecah dalam bentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Pada kegiatan workshop tersebut dibawakan materi pelatihan dengan masing-masing hari yang berbeda. Pada hari ke 1 materi pelatihan yang diajarkan adalah Design Thinking Overview, Empathy, Define, Ideation, Protorype, Evaluation. Pada hari ke 2 materi pelatihan yang diajarkan adalah praktek materi hari pertama dan Business Model Generation (BMC).
Hari ke 1 peserta workshop tidak hanya diberikan materi secara lisan mengenai Design Thingking Overview, Empathy, Define, Ideation, dan Evaluation tetapi juga praktek materi dengan menggunakan metode wawancara antar pasangan pada setiap kelompoknya. Pada tahap wawancara antar pasangan ini memiliki tujuan untuk membuat project zero yang digunakan menerapkan design thingking dengan perantara bagaimana mendesain kado untuk pasangan. Pada pelatihan ini setiap pasangan diberi kesempatan untuk wawancara yang meliputi 9 aspek, dan setelah dilakukan wawancara dan dibuat visualisasi maka antar pasangan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan satu sama lain. Pada pelatihan hari ke 1 terdapat 1 peserta pemenang project zero yang mampu menarik dewan juri yaitu Ibu Ingrid Panjaitan, S.E., M.Sc., Ak., CA. selaku Dekan Fakultas Bisnis, yang membuat project zero sebagai jawaban keinginan kado pasangannya yaitu kebutuhan akan pasangan hidup.
Hari Ke 2 peserta workshop mempraktekan pembuatan prototype dan Busines model Generation dengan 2 topik pilihan yaitu membuat metode pembelajaran dan membuat pusat karir yang dekat dengan industry. Pada hari ke 2 ini setiap kelompok membuat prototype hasil wawancara dengan mahasiswa/stakeholder yang dihadirkan terkait topik yang dipilih. Pada hari ke 2 pelatihan terdapat 2 pemenang yaitu pemenang protorype terbaik dan Business Model Generation terbaik, adapaun kelompok yang berhasil memenangkan sebagai prototype terbaik adalah kelompok 1 dengan protorype berupa model aplikasi untuk pusat pengembangan karir di ITBKBP dan untuk pemenang Business Model generation adalah kelompok 5 dengan model bisnis berupa adanya kacamata VR. Masing-masing pemenang mendapat voucher belanja sebesar Rp. 100.000,-
Melalui kegiatan ini, diharapkan Dosen dan Tenaga Kependidikan di ITBKBP mampu membuat inovasi-inovasi baru dalam menjalankan tanggung jawab bekerjaan dan mampu menyelesaikan permasalahan/memenuhi kebutuhan dalam pengelolaan kampus.
(Penulis : Krisna Mega B, 22 Maret 2024)